Entri yang Diunggulkan

Kumpulan Link Pusat Belanja Tas & Koper Online di Xinfushop.co.id

Cari Pusat Belanja Tas & Koper Online Di Xinfushop , hubungin : 081260227278. Bisa Cicilan 0% & Free Ongkir.   Pusat Belanja TAS...

Minggu, 02 Oktober 2016

Cara Mempercepat Koneksi Internet di Komputer / Laptop

Internet tentunya bukan hal yang asing lagi untuk semua orang saat ini. Bisa di bilang internet sudah termasuk dalam kebutuhan utama dalam kehidupan sehari-hari, karena dengan internet semua aktivitas dapat dilakukan dengan mudah. Tapi terkadang, terdapat beberapa kendala saat menggunakan internet. Hal yang sering menjadi kendala dalam menggunakan internet adalah koneksi yang terkadang menjadi lambat. Nah, pada postingan kali ini, kita akan membahas mengenai cara mempercepat koneksi internet pada komputer / laptop.

cara mempercepat koneksi internet

Koneksi internet yang lambat pada komputer, tidak selamanya disebabkan oleh kesalahan dari provider internet pada komputer Anda. Tetapi terkadang ada hal lain yang dapat menyebabkan internet menjadi lambat, seperti adanya kesalahan yang terjadi pada pengaturan DNS di komputer / laptop Anda. Nah, di postingan ini, kita akan membahas mengenai hal tersebut, yang mana kita akan mempercepat koneksi internet di komputer dengan cara melakukan perubahan pada settingan DNS. Disini akan diberikan tutorial mempercepat koneksi internet pada komputer / laptop yang menggunakan sistem operasi windows. Silakan diperhatikan tutorialnya berikut ini.


1. Pertama, bukalah Network and sharing center, dengan cara klik kanan pada gambar jaringan yang terdapat di bagian kanan taskbar komputer / laptop Anda, dan pilih open network and sharing center.

cara mempercepat koneksi internet

Network and sharing center adalah kategori khusus yang merupakan bagian dari control panel pada windows yang berfungsi untuk memangemen semua hal yang berhubungan dengan jaringan dan berbagi (sharing).


2. Setelah itu, klik 2 kali pada interface laptop / komputer Anda yang memiliki koneksi internet. Seperti pada gambar di bawah ini.

cara mempercepat koneksi internet

"Pada gambar di atas, terlihat saya terkoneksi ke internet dengan menggunakan wireless (jaringan tanpa kabel) interface."


3. Setelah mengklik pada bagian interface yang digunakan untuk terkoneksi ke internet (wireless) maka akan dimunculkan wireless network connection status. pilihlah properties pada bagian ini.

cara mempercepat koneksi internet



4. Selanjutnya, pilih Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) , lalu klik Properties

cara mempercepta koneksi internet

Info : TCP/IP adalah singkatan dari Transmission Control Protocol / Internet Protocol  yang merupakan protocol yang digunakan dalam pengalamatan jaringan.



5. Pada bagian ini, klik use the following DNS server addresses lalu isi lah
  • Preferred DNS server dengan 208.67.222.222
  • Alternete DNS server dengan 208.67.220.220

lalu klik OK.
cara mempercepat koneksi internet



6. Selanjutnya, setelah mengisi pengaturan DNS pada IPV4, pilihlah Internet protocol version 6 (TCP/IPv6) dan klik properties seperti pada gambar di bawah ini.

cara mempercepat koneksi internet



7. Sama seperti pada IPv4 tadi, klik lah Use the following DNS server addresses dan isilah bagian
  • Preferred DNS Server dengan 2620:0:ccc::2
  • Alternate DNS Server dengan 2620:0:ccd::2

Lalu klik OK.
cara mempercepat koneksi internet

"Mengapa pada bagian IPv6 menggunakan angka dan huruf, serta pemisahnya titik dua (:) bukan titik (.) ? Karena pada IPv6 sudah menggunakan sistem bilangan hexa desimal sebagai IP nya, bukan lagi bilangan desimal seperti pada IPv4".



8. Selanjutnya, klik lah OK pada tampilan seperti gambar di bawah ini, agar pengaturan yang kita lakukan tadi bisa tersimpan dan berjalan. 

cara mempercepat koneksi internet


Dengan demikian telah selesai lah mempercepat koneksi internet dengan melakukan settingan DNS. Sampai jumpa pada postingan berikutnya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar