Entri yang Diunggulkan

Kumpulan Link Pusat Belanja Tas & Koper Online di Xinfushop.co.id

Cari Pusat Belanja Tas & Koper Online Di Xinfushop , hubungin : 081260227278. Bisa Cicilan 0% & Free Ongkir.   Pusat Belanja TAS...

Sabtu, 01 Oktober 2016

2 Mata Pelajaran Umum Yang Sangat Berhubungan Dengan Ilmu Komputer

Berbicara mengenai mata pelajaran, mungkin adalah suatu hal yang tidak asing lagi bagi teman-teman, terutama yang masih duduk di bangku sekolah. Nah, pada postingan kali ini, kita akan membahas mengenai mata pelajaran. Sesuai dengan judul postingan, kali ini yang akan kita bahas adalah mengenai 2 mata pelajaran umum yang sangat berhubungan dengan ilmu komputer. Mungkin, masih banyak yang tidak mengetahui akan hal ini. Jadi, tidak ada salahnya jika saya share ilmu ini agar wawasan kita semakin bertambah.

Mata pelajaran yang berhubungan dengan komputer



Dua mata pelajaran yang sangat berhubungan erat dengan komputer adalah mata pelajaran yang telah dipelajari dari sejak kita SD. Jadi, mungkin tidak sulit lagi untuk mengerti akan hal ini. Nah, makin penasaran kan akan kedua mata pelajaran tersebut ? baik, langsung saja disimak uraiannya di bawah ini.


1. Matematika


  • Sejarah komputer

Mata pelajaran yang sangat erat hubungannya dengan ilmu komputer adalah matematika. mengapa demikian ? kita akan mulai dari sejarahnya terlebih dahulu. Dari sejarahnya saja, mungkin teman-teman sudah ketahui, bahwa yang menjadi dasar di temukannya komputer adalah kalkulator yang kita ketahui sebagai alat hitung, serta beberapa generasi awal komputer juga lebih menggunakan komputer untuk kebutuhan hitung-menghitung. Alat hitung tentunya sangat berhubungan dengan matematika. Selain itu, para tokoh-tokoh sangat penting dalam dunia komputer, juga rata-rata adalah seorang matematikawan, seperti penemu komputer (Charles Babbage), dan penemu WWW (Tim Berners Lee).

  • Hubungan matematika dengan jaringan (terutama IP address)

Setelah sejarah, hal yang paling berhubungan dengan matematika pada ilmu komputer adalah mengenai jaringan. Matematika sangat berhubungan dengan jaringan, terutama pada IP Address. Mungkin teman-teman sudah tidak asing lagi dengan IP Address. Nah, dilihat dari hal paling kecil pada ip address, pasti sudah berhubungan dengan matematika, karena ip address dituliskan dengan angka-angka. Otomatis, ip address erat hubungannya dengan matematika. Sebagai contoh kasus, kita ambil contoh ip address yang paling umum, yaitu ip class C. Misalkan 192.168.1.1/24. Nah, ip tersebut menggunakan bilangan desimal, terbentuk karena adanya sistem binering. Binering sendiri adalah suatu teknik untuk membentuk IP dengan menggunakan 2 bilangan, yaitu bilangan biner (0 dan 1) dan bilangan desimal (0-9). Nah, dari situ, berarti IP Address juga terbentuk karena adanya ilmu matematika.

  • Hubungan matematika dengan pemrograman komputer
Tidak usah panjang lebar mengenai hubungan matematika dengan program, langsung saja pada intinya. Terdapat suatu hal yang sangat penting yang membentuk suatu program, yaitu yang kita kenal dengan algoritma. Nah, algoritma ini mungkin sudah pernah dipelajari di sekolah masing-masing, tepatnya pada pelajaran matematika. Jadi dengan demikian matematika juga sangat berhubungan dengan yang namanya pemrograman.


2. Fisika


Mata pelajaran selanjutnya yang berhubungan dengan matematika adalah fisika. Nah, hubungan fisika dengan ilmu komputer sangat erat, terutama pada teknologi wireless. Ilmu fisika yang sangat berhubungan dengan wireless adalah mengenai frekuensi, periode, dan gelombang. Ke tiga bagian dari ilmu fisika tersebut sangat berhubungan dengan yang namanya wireless. Kita ketahui, bahwa pengiriman paket data dari teknologi wireless adalah menggunakan udara. Nah, di wireless ini terdapat yang namanya frequensi. Mungkin teman-teman sudah pelajari bahwa frequensi itu satuannya adalh Hz (hertz). Nah satuan ini sangat sering kita jumpai pada perangkat wireless. Agar dapat lebih mengerti lihat data-data mengenai wireless di bawah ini.
  • Teknlogi jaringan 1G menggunakan standar wireless 802.11b yang bekerja pada frekuensi 2.4 GHz  dengan kecepatan transfer data maksimum 11 mbps.
  • Teknlogi jaringan 2G menggunakan standar wireless 802.11a yang bekerja pada frekuensi 5 GHz  dengan kecepatan transfer data maksimum 58 mbps.
  • Teknlogi jaringan 3G menggunakan standar wireless 802.11g yang bekerja pada frekuensi 2.4 GHz  dengan kecepatan transfer data maksimum 54 mbps.
  • Teknlogi jaringan 4G menggunakan standar wireless 802.11n yang bekerja pada frekuensi 2.4 GHz  dengan kecepatan transfer datanya mencapai 200 mbps.
Catatan : Semakin tinggi Frequensi, maka semakin pendek gelombang, dan otomatis waktu (periode) yang digunakan untuk mengirimkan paket data semakin sedikit (cepat). Nah, pernyataan ini dapat Anda hubungkan ke rumus fisika, yaitu f (frequensi)= 1/T , dan T (periode)= 1/f.

Dari data diatas, dapat kita lihat hubungan ilmu fisika dengan teknologi wireless. 




Semoga dari postingan ini, wawasan Anda dapat bertambah. Sampai jumpa di postingan berikutnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar